Menu bar

Sabtu, 12 November 2016

Manajemen Proyek & Resiko #

Proposal IT Maintenance PT.PERTAMINA










PT. Cita Cita Kita Bersama

Kelompok :
Anggraini Indah Sari
Fitri Novita
Nur Indra P.
Raden Wahyu A.T



            Dokumen ini merupakan hak milik dan hak cipta dari PT. CIKIBER. Materi di dalam dokumen ini tidak diperkenankan untuk dibuka sebagian ataupun keseluruhan tanpa persetujuan tertulis dari PT. CIKIBER. Tidak ada bagian dari proposal IT Maintenance Proposal ini yang diperkenankan untuk digandakan dalam bentuk apapun selain dari tujuan untuk mengevaluasi dokumen proposal PT. CIKIBER, dan harus dapat dikembalikan berdasarkan permintaan.

Dokumen ini disajikan untuk membantu PT.PERTAMINAdalam menilai penawaran yang diajukan dan merupakan hal yang normal apabila kebutuhan yang diajukan kemungkinan berubah mengikuti perubahan usaha dan perubahan operasi. PT. CIKIBERpercaya bahwa proposal yang diajukan ini dapat menjawab kebutuhan rangka pelaksanaan pemeliharaan perangkat IT di PT.PERTAMINA.

Jangka waktu kesahihan dari dokumen ini adalah satu (1) bulan sejak tanggal penerimaan yang dibuat oleh PT. CIKIBER.











Abstrak
Proposal ini merepresentasikan penawaran PT. CIKIBER dalam rangka memberikan penawaran IT Maintenance  




1.     PENDAHULUAN
 
Sebuah sistem informasi yang lengkap terdiri dari infrastruktur jaringan, hardware, software aplikasi, dan WEB. Dimana komponen-komponen tersebut saling melengkapi dan saling mendukung dalam menjalankan sebuah perusahaan.

Infrastruktur jaringan meliputi sistem transmisi data baik secara nirkabel, maupun secara konvensional dengan kabel data. Serta peralatan jaringan di sisi LAN dan WAN seperti switch, router, modem, dll.  

Hardware meliputi komputer (PC), notebook, dan server, berikut dengan peripheral lainya seperti printer, scanner, dan lain-lain.

Software meliputi Sistem operasi di komputer dan server, seperti Windows XP, Linux, Windows 2000 Server, dan lain-lain. Serta software aplikasi umum (Office, Autocad, Visio, Email, Internet Explorer, dan lain-lain). Dan  software aplikasi khusus yang dikembangkan sendiri sebagai penunjang bisnis utama perusahaan.

Setelah sistem tersebut jadi dan siap digunakan, maka tugas selanjutnya bagi divisi teknologi informasi perusahaan adalah memelihara sistem tersebut agar selalu berjalan baik. Dimana secara rutin harus dilakukan pengecekan kondisi server beserta software aplikasi, pengecekan media transmisi data (sistem pengkabelan). Dan yang paling sering adalah melayani user-user untuk mengatasi masalah yang terjadi di PC mereka masing-masing baik di sisi hardware maupun softwarenya. Seperti PC yang terkena virus, tidak bisa koneksi ke internet, printer yang rusak dan lain-lain. Hal ini menunjukan bahwa pemeliharaan sistem informasi (maintenance) adalah hal yang penting untuk dilakukan demi menunjang kelancaran proses kerja di sebuah perusahaan.




2.       SOLUSI

Pemeliharaan sebuah sistem teknologi informasi dapat dikatakan sebagian besar bergantung pada ketersediaan SDM di bidang IT yang memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas sistim yang dimiliki

Alternatif yang terbaik bila perusahaan tidak ingin direpotkan dengan permasalahan di bidang IT yang hanya dianggap sebagai bidang penunjang adalah dengan menjalin kontrak pemeliharaan dengan perusahaan di bidang jasa teknologi informasi.

PT. CIKIBER menawarkan layanan dan solusi di bidang Teknologi Informasi yang menyelesaikan tugas-tugas di bidang IT ketika sebuah perusahaan tidak menginginkan penambahan budget IT. Semua layanan dapat diberikan secara lokal di lokasi customer atau secara remote melalui software administrasi komputer jarak jauh.





3.       KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH

Dengan melakukan kontrak pemeliharaan system dengan PT. CIKIBER maka customer mempunya keuntungan sebagai berikut :
1.   Perusahaan cukup berkonsentrasi dalam melakukan langkah-langkah strategis untuk memajukan bisnisnya dan tidak perlu fokus pada pemeliharaan dan pengembangan sistem informasinya karena telah ada pihak ketiga yang akan mensupport mereka dengan tenaga-tenaga yang berpengalaman dan ahli di bidangnya.
2.   Sumber daya manusia yang disediakan tidak perlu mendapat fasilitas sebanyak layaknya karyawan perusahaan yang sebenarnya dari customer, seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, dan lain-lain.

3.   Mendapatkan layanan tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman dan profesional dengan spesialisasi berbagai macam disiplin ilmu yang berbeda di bidang IT.

4.   Menghemat waktu dan biaya untuk mencari tenaga kerja baru.

5.   Meningkatkan kinerja karyawan dengan tetap fokus di bidang pekerjaanya masing-masing. Tanpa perlu memikirkan masalah-masalah operasional dalam penggunaan komputer dan jaringan.

6.   Mendapatkan bantuan konsultasi untuk memecahkan masalah operasional dan global di bidang IT yang dihadapi dan bantuan membuat perencanaan pengembangan sistem informasi lebih lanjut sesuai visi dan misi yang ditetapkan oleh customer.
4.       LAYANAN YANG KAMI BERIKAN

Ada beberpa jenis Sistem Perawatan/Pemeliharaan IT Yang Ditawarkan, yaitu:

ON-CALL SERVICE
 Layanan on-caIl selama jam kerja ( Senin — Jumat pukul 08.30 - 17.00 WIB ) kecuali hari    libur. 
1.   Memberikan Resonse time 4 (empat ) jam kerja setelah PO diterima
2.   Memberikan layanan On Call Service apabila Customer membutuhkan helpdesk service dan langsung buat P0, saat itu juga tenaga ahli kami mulai memberikan layanan On-Call
3.   Memberikan layanan Free Phone Service ( Free phone supmrt) dimana Customer dapat menggunakan fasilitas phone support di Customer Response Center kami, tenaga ahil kami akan memandu anda untuk melakukan pengecekan perangkat & janingan guna mempersingkat waktu kerusakan pada no (021) xxx-xxxxx

HELPDESK By CALL

1.    Memberikan Response time 2 (dua) jam kerja 
2.    Memberikan layanan On Call Service apabila Customer membutuhkan helpdesk service, maka saat itu juga tenaga ahli kami mulai memberikan layanan On-
Call  
3.    Memberikan Layanan Free Phone Service ( Free phone support) dimana Customer dapat menggunakan fasilitas phone support di Customer Response Center kami, tenaga ahil kami akan memandu anda untuk melakukan pengecekan perangkat & jaringan guna mempersingkat waktu kerusakan pada no (021) xxx-xxxxx
4.    Memberikan Free 24 jam  Secretary Services bagi Customer yang ingin mengadukan keluhannya kapan saja pada no telp 021-002-78945
Engineer kami memberikan kuniungan service minimal sebulan sekali

ON SITE ENGINEER

1.    Menempatkan sejumlah Engineer di lokasi customer 
2.    Tersedianya tenaga ahli cadangan. apabila tenaga ahli yang bersangkutan berhalangan 
Engineer akan memberikan service sesuai dengan perjanjian kontrak yang berlaku
3.    Memberikan layanan konsultasi berbagai masalah yang kompleks berhubungan dengan jaringan, operasional, maupun masalah lainnya dengan tenaga-tenaga profesional yang sangat peduli dan mernastikan kepuasan pelanggan.
4.    Eskalasi masalah untuk team back office support kami 
5.    Memberikan layanan dalam User Level dan Svstam Level 
6.    Memberikan layanan dalam pembuatan IT Report hulanan 
7.    Memberikan layanan dalam dokumentasi system




5.       SLA UNTUK ONSITE ENGINEER

1.      BASIC


a.   Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama masa kontrak
b.   5 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.    Layanan service dari Senin – Jum’at  8.30 – 17.00 WIB


2.      PREMIUM


a.   Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama masa kontrak
b.   2 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.    Layanan service dari Senin – Jum’at  8.30 – 17.00 WIB
d.   Menempatkan technical support di area customer bila ada permintaan
e.   Layanan emergency call 24 Jam
f.    Bebas layanan support melalui telephone setiap jam kerja dengan menghubungi no telp.021-002-78945, engineer kami akan memberikan langkah-langkah perbaikan.
g.   Bebas biaya konsultasi untuk design network, upgrade harware/software, penggantian peralatan network dan lain-lain.



3.      EXCLUSIVE


a.   Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama masa kontrak
b.   2 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.    Layanan service 7 X 24 jam
d.   Menempatkan technical support di area customer bila ada permintaan
e.   Layanan emergency call 24 Jam
f.    Bebas layanan support melalui telephone setiap jam kerja dengan menghubungi no telp.021-002-78945, engineer kami akan memberikan langkah-langkah perbaikan.
g.   Bebas Remote Service. PT. CIKIBERmenyediakan remote service dalam melakukan perbaikan dari kantor [Your Company
Name]
h.   Bebas biaya konsultasi untuk design network, upgrade harware/software, penggantian peralatan network dan lain-lain.


4.      SUPER EXCLUSIVE


a.   Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama masa kontrak
b.   2 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.    Layanan service 7 X 24 jam
d.   Menempatkan technical support di area customer 3 hari dalam seminggu
e.   Layanan emergency call 24 Jam
f.    Bebas layanan support melalui telephone setiap jam kerja dengan menghubungi no telp.021-002-78945, engineer kami akan memberikan langkah-langkah perbaikan.
g.   Bebas bia Bebas Remote Service. PT. CIKIBERmenyediakan remote 
h.   service dalam melakukan perbaikan dari kantor [Your Company
Name]
i.    bebas biaya konsultasi untuk design network, upgrade harware/software, penggantian peralatan network dan lain-lain.




6. PEKERJAAN YANG KAMI LAKUKAN

System Back-Up
Membuat Salinan/copy untuk data-data penting perusahaan yang ada pada computer user maupun server ke dalam backup storage ( External Disk / Tape BackUp / Zip Disk / etc ).

System Optimization
Melakukan Defragmentasi data dan  membuang sampah-sampah yang ada pada computer, serta memperbaiki kesalahan setting sehingga computer dapat berjalan normal.



System Rebuild
Membangun dan menata ulang kembali system yang rusak oleh faktor yang tidak disengaja, agar system dapat bekerja normal kembali.

System Upgrade
Menambah fungsi, memperbaharui system yang ada sesuai dengan kebutuhan pelanggan, serta melakukan  testing stabilitas untuk hardware dan software.

Training dan Pelatihan
Memberikan Pengarahan dan konsultasi kepada operator computer, sehingga operator  dapat mengoperasikan computer sesuai dengan prosedur pengoperasian komputer yang baik dan benar.

Update Anti Virus & Pembersihan Virus
Melakukan Update Definition file Anti Virus sehingga anti virus yang ada dapat memproteksi komputer dari serangan virus baik virus lam amaupun baru, dan juga melakukan scaning virus serta membersihkan komputer dari Virus.

System Security
Pemasangan  Firewall dan sistem authentifikasi untuk pengamanan system dan data penting perusahaan dari orang luar yang tidak berkepentingan.

Konsultasi
Menyediakan konsultasi, analisa dan saran secara professional untuk segala hal yang berhubungan dengan IT.
 7. PORTFOLIO


PT. CIKIBER memiliki keahlian dan pengalaman untuk memberi dukugan teknis pada berbagai system jaringan dan berbagai produk hardware dan software.

Sejak tahun 2002 PT. CIKIBER telah melakukan jasa layanan maintenance terhadap perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintahan. Beberapa diantaranya adalah :

List pengalaman pekerjaan PT. CIKIBER sedikitnya ada 10 buah.


7. HUBUNGI KAMI_

PT. CIKIBER

Alamat : PT.CIKIBER
Phone : 02132779699 
Site : www.cikiber.com 


Ini video presentasi kelompok kami :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar