Proposal
IT Maintenance PT.PERTAMINA
PT. Cita Cita Kita
Bersama
Kelompok :
Anggraini Indah Sari
Fitri Novita
Nur Indra P.
Raden Wahyu A.T
Dokumen ini merupakan hak milik dan hak cipta
dari PT. CIKIBER. Materi di dalam dokumen ini tidak diperkenankan untuk dibuka
sebagian ataupun keseluruhan tanpa persetujuan tertulis dari PT. CIKIBER. Tidak
ada bagian dari proposal IT Maintenance Proposal ini yang diperkenankan untuk
digandakan dalam bentuk apapun selain dari tujuan untuk mengevaluasi dokumen
proposal PT. CIKIBER, dan harus dapat dikembalikan berdasarkan permintaan.
Dokumen ini disajikan untuk membantu PT.PERTAMINAdalam
menilai penawaran yang diajukan dan merupakan hal yang normal apabila kebutuhan
yang diajukan kemungkinan berubah mengikuti perubahan usaha dan perubahan
operasi. PT. CIKIBERpercaya bahwa proposal yang diajukan ini dapat menjawab
kebutuhan rangka pelaksanaan pemeliharaan perangkat IT di PT.PERTAMINA.
Jangka waktu kesahihan dari dokumen ini adalah satu (1) bulan
sejak tanggal penerimaan yang dibuat oleh PT. CIKIBER.
Abstrak
Proposal ini
merepresentasikan penawaran PT. CIKIBER dalam rangka memberikan penawaran IT
Maintenance
1.
PENDAHULUAN
Sebuah sistem informasi yang lengkap terdiri dari
infrastruktur jaringan, hardware, software aplikasi, dan WEB. Dimana
komponen-komponen tersebut saling melengkapi dan saling mendukung dalam
menjalankan sebuah perusahaan.
Infrastruktur jaringan meliputi sistem transmisi data baik secara nirkabel, maupun secara
konvensional dengan kabel data. Serta peralatan jaringan di sisi LAN dan WAN
seperti switch, router, modem, dll.
Hardware meliputi komputer (PC), notebook, dan server,
berikut dengan peripheral lainya seperti printer, scanner, dan lain-lain.
Software meliputi Sistem
operasi di komputer dan server, seperti Windows XP, Linux, Windows 2000
Server, dan lain-lain. Serta software
aplikasi umum (Office, Autocad, Visio, Email, Internet Explorer, dan
lain-lain). Dan software aplikasi khusus yang dikembangkan sendiri sebagai
penunjang bisnis utama perusahaan.
Setelah sistem tersebut jadi dan siap digunakan, maka tugas
selanjutnya bagi divisi teknologi informasi perusahaan adalah memelihara sistem
tersebut agar selalu berjalan baik. Dimana secara rutin harus dilakukan
pengecekan kondisi server beserta software aplikasi, pengecekan media transmisi
data (sistem pengkabelan). Dan yang paling sering adalah melayani user-user
untuk mengatasi masalah yang terjadi di PC mereka masing-masing baik di sisi
hardware maupun softwarenya. Seperti PC yang terkena virus, tidak bisa koneksi
ke internet, printer yang rusak dan lain-lain. Hal ini menunjukan bahwa
pemeliharaan sistem informasi (maintenance) adalah hal yang penting untuk
dilakukan demi menunjang kelancaran proses kerja di sebuah perusahaan.
2.
SOLUSI
Pemeliharaan sebuah sistem teknologi informasi dapat
dikatakan sebagian besar bergantung pada ketersediaan SDM di bidang IT yang
memiliki kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan dan kompleksitas sistim yang
dimiliki
Alternatif yang terbaik bila perusahaan tidak ingin
direpotkan dengan permasalahan di bidang IT yang hanya dianggap sebagai bidang
penunjang adalah dengan menjalin kontrak pemeliharaan dengan perusahaan di
bidang jasa teknologi informasi.
PT. CIKIBER menawarkan layanan dan solusi di bidang Teknologi
Informasi yang menyelesaikan tugas-tugas di bidang IT ketika sebuah perusahaan
tidak menginginkan penambahan budget IT. Semua layanan dapat diberikan secara
lokal di lokasi customer atau secara remote melalui software administrasi
komputer jarak jauh.
3.
KEUNTUNGAN YANG DIPEROLEH
Dengan melakukan kontrak pemeliharaan system dengan PT.
CIKIBER maka customer mempunya keuntungan sebagai berikut :
1.
Perusahaan cukup berkonsentrasi dalam melakukan
langkah-langkah strategis untuk memajukan bisnisnya dan tidak perlu fokus pada
pemeliharaan dan pengembangan sistem informasinya karena telah ada pihak ketiga
yang akan mensupport mereka dengan tenaga-tenaga yang berpengalaman dan ahli di
bidangnya.
2.
Sumber daya manusia yang disediakan tidak perlu mendapat
fasilitas sebanyak layaknya karyawan perusahaan yang sebenarnya dari customer,
seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, dan lain-lain.
3.
Mendapatkan layanan tenaga-tenaga ahli yang berpengalaman dan
profesional dengan spesialisasi berbagai macam disiplin ilmu yang berbeda di
bidang IT.
4.
Menghemat waktu dan biaya untuk mencari tenaga kerja baru.
5.
Meningkatkan kinerja karyawan dengan tetap fokus di bidang
pekerjaanya masing-masing. Tanpa perlu memikirkan masalah-masalah operasional
dalam penggunaan komputer dan jaringan.
6.
Mendapatkan bantuan konsultasi untuk memecahkan masalah
operasional dan global di bidang IT yang dihadapi dan bantuan membuat
perencanaan pengembangan sistem informasi lebih lanjut sesuai visi dan misi
yang ditetapkan oleh customer.
4.
LAYANAN YANG KAMI BERIKAN
Ada beberpa jenis Sistem Perawatan/Pemeliharaan IT Yang
Ditawarkan, yaitu:
ON-CALL SERVICE
Layanan on-caIl selama
jam kerja ( Senin — Jumat pukul
08.30 - 17.00 WIB ) kecuali hari
libur.
1.
Memberikan Resonse time 4 (empat ) jam kerja setelah PO diterima
2.
Memberikan layanan On
Call Service apabila Customer membutuhkan helpdesk service dan langsung buat
P0, saat itu juga tenaga ahli kami mulai memberikan layanan On-Call
3.
Memberikan layanan Free Phone Service ( Free phone supmrt)
dimana Customer dapat menggunakan fasilitas phone support di Customer Response
Center kami, tenaga ahil kami akan memandu anda untuk melakukan pengecekan
perangkat & janingan guna mempersingkat waktu kerusakan pada no (021)
xxx-xxxxx
HELPDESK By CALL
1.
Memberikan Response time 2 (dua) jam kerja
2.
Memberikan layanan On Call Service apabila Customer
membutuhkan helpdesk service, maka saat itu juga tenaga ahli kami mulai memberikan layanan On-
Call
3.
Memberikan Layanan Free Phone Service ( Free phone support) dimana Customer dapat menggunakan fasilitas
phone support di Customer Response Center kami, tenaga ahil kami akan memandu
anda untuk melakukan pengecekan perangkat & jaringan guna mempersingkat
waktu kerusakan pada no (021) xxx-xxxxx
4.
Memberikan Free 24 jam
Secretary Services bagi Customer yang ingin mengadukan keluhannya kapan
saja pada no telp 021-002-78945
Engineer kami memberikan kuniungan service minimal sebulan
sekali
ON SITE ENGINEER
1.
Menempatkan sejumlah Engineer di lokasi customer
2.
Tersedianya tenaga ahli cadangan. apabila tenaga ahli yang
bersangkutan berhalangan
Engineer akan memberikan service sesuai dengan
perjanjian kontrak yang berlaku
3.
Memberikan layanan konsultasi
berbagai masalah yang kompleks berhubungan
dengan jaringan, operasional, maupun masalah lainnya dengan tenaga-tenaga
profesional yang sangat peduli dan mernastikan kepuasan pelanggan.
4.
Eskalasi masalah untuk team back office support kami
5.
Memberikan layanan dalam User Level dan Svstam Level
6.
Memberikan layanan dalam pembuatan IT Report hulanan
7.
Memberikan layanan dalam dokumentasi system
5.
SLA UNTUK ONSITE ENGINEER
1.
BASIC
a.
Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama
masa kontrak
b.
5 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.
Layanan service dari Senin – Jum’at 8.30 – 17.00 WIB
2.
PREMIUM
a.
Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama
masa kontrak
b.
2 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.
Layanan service dari Senin – Jum’at 8.30 – 17.00 WIB
d.
Menempatkan technical support di area customer bila ada
permintaan
e.
Layanan emergency call 24 Jam
f.
Bebas layanan support melalui telephone setiap jam kerja
dengan menghubungi no telp.021-002-78945, engineer kami akan memberikan
langkah-langkah perbaikan.
g.
Bebas biaya konsultasi untuk design network, upgrade
harware/software, penggantian peralatan network dan lain-lain.
3.
EXCLUSIVE
a.
Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama
masa kontrak
b.
2 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.
Layanan service 7 X 24 jam
d.
Menempatkan technical support di area customer bila ada
permintaan
e.
Layanan emergency call 24 Jam
f.
Bebas layanan support melalui telephone setiap jam kerja
dengan menghubungi no telp.021-002-78945, engineer kami akan memberikan
langkah-langkah perbaikan.
g.
Bebas Remote Service. PT. CIKIBERmenyediakan remote service
dalam melakukan perbaikan dari kantor [Your Company
Name]
h.
Bebas biaya konsultasi untuk design network, upgrade
harware/software, penggantian peralatan network dan lain-lain.
4.
SUPER EXCLUSIVE
a.
Bebas biaya jasa perbaikan hardware & software selama
masa kontrak
b.
2 jam Response time dihitung setelah complain diterima
c.
Layanan service 7 X 24 jam
d.
Menempatkan technical support di area customer 3 hari dalam
seminggu
e.
Layanan emergency call 24 Jam
f.
Bebas layanan support melalui telephone setiap jam kerja
dengan menghubungi no telp.021-002-78945, engineer kami akan memberikan
langkah-langkah perbaikan.
g.
Bebas bia Bebas Remote Service. PT. CIKIBERmenyediakan
remote
h.
service dalam melakukan perbaikan dari kantor [Your Company
Name]
i.
bebas biaya konsultasi untuk design network, upgrade
harware/software, penggantian peralatan network dan lain-lain.
6. PEKERJAAN YANG KAMI
LAKUKAN
System Back-Up
Membuat Salinan/copy untuk data-data penting perusahaan yang
ada pada computer user maupun server ke dalam backup storage ( External Disk /
Tape BackUp / Zip Disk / etc ).
System Optimization
Melakukan Defragmentasi data dan membuang sampah-sampah yang ada pada
computer, serta memperbaiki kesalahan setting sehingga computer dapat berjalan
normal.
System Rebuild
Membangun dan menata ulang kembali system yang rusak oleh
faktor yang tidak disengaja, agar system dapat bekerja normal kembali.
System Upgrade
Menambah fungsi, memperbaharui system yang ada sesuai dengan
kebutuhan pelanggan, serta melakukan
testing stabilitas untuk hardware dan software.
Training dan Pelatihan
Memberikan Pengarahan dan konsultasi kepada operator
computer, sehingga operator dapat
mengoperasikan computer sesuai dengan prosedur pengoperasian komputer yang baik
dan benar.
Update Anti Virus
& Pembersihan Virus
Melakukan Update Definition file Anti Virus sehingga anti
virus yang ada dapat memproteksi komputer dari serangan virus baik virus lam
amaupun baru, dan juga melakukan scaning virus serta membersihkan komputer dari
Virus.
System Security
Pemasangan Firewall
dan sistem authentifikasi untuk pengamanan system dan data penting perusahaan
dari orang luar yang tidak berkepentingan.
Konsultasi
Menyediakan konsultasi, analisa dan saran secara professional
untuk segala hal yang berhubungan dengan IT.
7. PORTFOLIO
PT. CIKIBER memiliki keahlian dan pengalaman untuk memberi
dukugan teknis pada berbagai system jaringan dan berbagai produk hardware dan
software.
Sejak tahun 2002 PT. CIKIBER telah melakukan jasa layanan
maintenance terhadap perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintahan. Beberapa
diantaranya adalah :
List pengalaman pekerjaan PT. CIKIBER sedikitnya ada 10 buah.
7. HUBUNGI KAMI_
PT. CIKIBER
Alamat : PT.CIKIBER
Phone : 02132779699
Site : www.cikiber.com
Ini video presentasi kelompok kami :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar