Manajemen Proyek dan Resiko
Manajemen Kualitas
Kelompok 8 | 3KB02
Anggraini Indah Sani
Fitri Novita Yani
Nur Indra
Raden Wahyu
1. Pengertian Kualitas
The International Organization for
Standardization (ISO) mendefinisikan kualitas sebagai “gelar untuk satu set
karakteristik yang memenuhi persyaratan” (ISO9000: 2000). Ahli lain
mendefinisikan kualitas berdasarkan:
· Conformance to requirements : proses proyek
dan produk memenuhi spesifikasi tertulis.
· Fitness for use : suatu produk dapat digunakan
seperti yang dimaksudkan.
2. Proses Quality Management
Project Quality
Management adalah proses yang dilakukan, untuk menjamin proyek dapat
memenuhi kebutuhan yang telah disepakati, melalui aturan-aturan mengenai
kualitas, prosedur ataupun guidelines. Merupakan semua
aktivitas yang dilakukan oleh organisasi proyek untuk memberikan jaminan
tentang kabijakan kualitas, tujuan dan tanggung jawab dari pelaksanaan proyek
agar proyek dapat memenuhi kebutuhan yang sudah disepakati.
Kualitas yang dimaksud
disini biasanya memiliki hubungan keterkaitan yang sangat erat dengan sejumlah
standar internasional, seperti contohnya ISO sebagai panduan sistem manajemen
mutu (misalnya dalam pembuatan aplikasi diperhatikan kaidah buku software
engineering yang memenuhi software quality assurance).
Kesepakatan ini dapat
terukur melalui parameter conformance to requirements (proses
dan produk proyek memenuhi spesifikasi) dan fitness for use (produk
dapat digunakan sesuai maksud dan tujuannya). Proses ini berinteraksi satu
sama lain serta berinteraksi dengan proses di bidang pengetahuan
lain. Setiap proses dapat melibatkan usaha dari satu
atau lebih orang atau kelompok berdasarkan pada
persyaratan proyek.
3. Quality Planning, Quality Assurance, Quality
Control
Quality Planning
u Berarti kemampuan untuk mengantisipasi situasi dan menyiapkan
tindakan untuk membawa hasil yang diinginkan.
u Penting untuk mencegah cacat dengan:
u Memilih bahan yang tepat.
u Pelatihan dan mengindoktrinasi orang-orang dalam kualitas.
u Perencanaan proses yang menjamin hasil yang sesuai.
Quality Assurance
u Jaminan kualitas mencakup semua kegiatan yang berkaitan dengan
memenuhi standar kualitas yang relevan untuk sebuah proyek.
u Tujuan lain dari jaminan kualitas adalah peningkatan mutu
berkelanjutan.
u Benchmarking menghasilkan ide untuk perbaikan kualitas dengan
membandingkan praktek proyek tertentu atau karakteristik produk kepada mereka
dari proyek-proyek lain atau produk di dalam atau di luar organisasi.
u quality audit adalah tinjauan terstruktur kegiatan manajemen
mutu spesifik yang membantu mengidentifikasi pelajaran yang dapat meningkatkan
kinerja pada proyek-proyek yang sedang atau akan.
Quality Control
u Output utama quality control adalah:
u Acceptance decisions
u Rework
u Process adjustments
4. Analisi Pareto dan Contoh Diagram
Analisis Pareto adalah
teknik statistik dalam pengambilan keputusan yang digunakan untuk pemilihan
sejumlah tugas yang menghasilkan efek keseluruhan yang signifikan. Ia
menggunakan Prinsip Pareto (juga dikenal sebagai aturan 80/20) gagasan bahwa
dengan melakukan 20% dari pekerjaan Anda dapat menghasilkan 80% dari manfaat
melakukan seluruh pekerjaan. Atau dalam hal peningkatan kualitas, mayoritas
besar masalah (80%) diproduksi oleh beberapa penyebab utama (20%). Hal ini juga
dikenal sebagai beberapa penting dan banyak sepele.
Pada akhir 1940-an guru
manajemen kualitas Joseph M. Juran menyatakan prinsip dan diberi nama setelah
ekonom Italia Vilfredo Pareto, yang mengamati bahwa 80% dari pendapatan di
Italia pergi ke 20% dari populasi. Pareto kemudian dilakukan survei pada
sejumlah negara lain dan ditemukan untuk mengejutkan bahwa suatu distribusi
yang serupa diterapkan.
Aturan 80/20 dapat diterapkan pada hampir
semua hal:
· 80% dari keluhan pelanggan timbul dari 20%
dari produk atau jasa.
· 80% dari keterlambatan dalam jadwal timbul
dari 20% dari kemungkinan penyebab penundaan.
· 20% dari produk atau jasa account untuk 80%
dari keuntungan Anda.
· 20% dari penjualan Anda force menghasilkan 80%
dari pendapatan perusahaan Anda.
· 20% dari cacat sistem menyebabkan 80% dari
masalah.
Prinsip Pareto memiliki banyak
aplikasi dalam kontrol kualitas. Ini adalah dasar bagi diagram Pareto, salah
satu alat utama yang digunakan dalam kontrol kualitas total dan Six Sigma.
Dalam PMBOK memesan Pareto digunakan
untuk memandu tindakan korektif dan membantu tim proyek mengambil tindakan
untuk memperbaiki masalah yang menyebabkan jumlah terbesar cacat pertama.
Tujuh langkah untuk mengidentifikasi penyebab
penting menggunakan Analisis Pareto [1]:
1. Formulir tabel daftar penyebab dan
frekuensi mereka sebagai persentase
2. Mengatur baris dalam urutan penurunan
pentingnya penyebab, yaitu penyebab paling penting pertama.
3. Tambahkan kolom persentase kumulatif ke
meja.
4. Plot dengan penyebab pada x-axis dan
persentase kumulatif pada sumbu-y.
5. Bergabung dengan poin
di atas untuk membentuk kurva.
6. Plot (pada grafik yang sama) grafik batang
dengan penyebab pada x-axis dan persen frekuensi pada sumbu-y.
7. Menarik garis di 80% pada y-axis sejajar dengan sumbu-x.
Kemudian turun garis pada titik persimpangan dengan kurva pada sumbu-x. Ini
titik pada sumbu-x memisahkan penyebab penting pada penyebab kiri dan kurang
penting di sebelah kanan.
Ini adalah contoh
sederhana diagram Pareto menggunakan data sampel menunjukkan frekuensi relatif
dari penyebab kesalahan pada situs. Hal ini memungkinkan Anda untuk melihat apa
yang 20% dari kasus yang menyebabkan 80% dari masalah dan di mana upaya harus
difokuskan untuk mencapai peningkatan terbesar.
Nilai Prinsip Pareto
untuk seorang manajer proyek adalah bahwa hal itu mengingatkan Anda untuk fokus
pada 20% dari hal-hal penting. Dari hal-hal yang Anda lakukan selama proyek
Anda, hanya 20% yang benar-benar penting. Mereka menghasilkan 80% 20% dari
hasil Anda. Mengidentifikasi dan fokus pada hal-hal pertama, tetapi tidak
benar-benar mengabaikan sisanya 80% penyebab.
5. Sampel Statistik dan Standar Deviasi
Standar deviasi disebut juga simpangan
baku. Seperti halnya varians, standar deviasi juga merupakan suatu ukuran
dispersi atau variasi. Standar deviasi merupakan ukuran dispersi yang
paling banyak dipakai. Hal ini mungkin karena standar deviasi mempunyai
satuan ukuran yang sama dengan satuan ukuran data asalnya. Misalnya, bila
satuan data asalnya adalah cm, maka satuan standar deviasinya juga cm.
Sebaliknya, varians memiliki satuan kuadrat dari data asalnya (misalnya cm2).
Simbol standar deviasi untuk populasi adalah σ (baca: sigma) dan untuk sampel
adalah s.
Rumus untuk menghitung standar deviasi adalah
sebagai berikut :
6. Commonly Used Quality Factors
a. Tangibles / Bukti langsung
Tangibles merupakan bukti nyata dari kepedulian
dan perhatian yang diberikan oleh penyedia jasa kepada konsumen. Pentingnya
dimensi tangibles ini akan menumbuhkan image penyedia jasa terutama bagi
konsumen baru dalam mengevaluasi kualitas jasa. Perusahaan yang tidak
memperhatikan fasilitas fisiknya akan menumbuhkan kebingungan atau bahkan
merusak image perusahaan.
b. Reliability / Keandalan
Reliability atau keandalan
merupakan kemampuan perusahaan untuk melaksanakan jasa sesuai dengan apa yang
telah dijanjikan secara tepat waktu.Pentingnya dimensi ini adalah kepuasan
konsumen akan menurun bila jasa yang diberikan tidak sesuai dengan yang
dijanjikan. Jadi komponen atau unsur dimensi reliability ini merupakan
kemampuan perusahaan dalam menyampaikan jasa secara tepat dan pembebanan biaya
secara tepat.
c. Responsiveness /
Ketanggapan
Responsiveness atau daya tanggap
merupakan kemampuan perusahaan yang dilakukan oleh langsung karyawan untuk
memberikan pelayanan dengan cepat dan tanggap. Daya tanggap dapat menumbuhkan
persepsi yang positif terhadap kualitas jasa yang diberikan. Termasuk
didalamnya jika terjadi kegagalan atau keterlambatan dalam penyampaian jasa,
pihak penyedia jasa berusaha memperbaiki atau meminimalkan kerugian konsumen
dengan segera. Dimensi ini menekankan pada perhatian dan kecepatan karyawan
yang terlibat
untuk menanggapi permintaan, pertanyaan, dan
keluhan konsumen. Jadi komponen atau unsur dari dimensi ini terdiri dari
kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam melayani
pelanggan, dan penanganan keluhan pelanggan.
d. Assurance / Jaminan
Assurance atau jaminan merupakan
pengetahuan dan perilaku employee untuk membangun kepercayaan dan keyakinan
pada diri konsumen dalam mengkonsumsi jasa yang ditawarkan. Dimensi ini sangat
penting karena melibatkan persepsi konsumen terhadap resiko ketidakpastian yang
tinggi terhadap kemampauan penyedia jasa. Perusahaan membangun kepercayaan dan
kesetiaan konsumen melalui karyawan yang terlibat langsung menangani konsumen.
Jadi komponen dari dimensi ini terdiri dari kompetensi karyawan
yang meliputi ketrampilan, pengetahuan yang
dimiliki karyawan untuk melakukan pelayanan dan kredibilitas perusahaan yang
meliputi hal-hal yang berhubungan dengan kepercayaan konsumen kepada perusahaan
seperti, reputasi perusahaan, prestasi dan lain-lain
e. Emphaty / Empati
Emphaty merupakan kemampuan
perusahaan yang dilakukan langsung oleh karyawan untuk memberikan perhatian
kepada konsumen secara individu, termasuk juga kepekaan akan kebutuhan
konsumen. Jadi komponen dari dimensi ini merupakan gabungan dari akses (access)
yaitu kemudahan untuk memanfaatkan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan,
komunikasi merupakan kemampuan melakukan untuk menyampaikan informasi kepada
konsumen atau memperoleh masukan dari konsumen dan pemahaman merupakan usaha
untuk mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan konsumen.
7. Definisi Six Sigma, Six Sigma dan Project
Management, Six Sigma dan statistic
Strategi penerapan six sigma yang diciptakan
oleh DR. Mikel Harry dan Richard Schroeder disebut sebagai The Six Sigma
Breakthrough Strategy. Strategi ini merupakan metode sistematis yang
menggunakan pengumpulan data dan analisis statistik untuk menentukan
sumber-sumber variasi dan cara-cara untuk menghilangkannya (Harry dan Scroeder,
2000).
Six sigma mempunyai 2 arti penting, yaitu:
u Six sigma sebagai filosofi manajemen : Six sigma merupakan
kegiatan yang dilakukan oleh semua anggota perusahaan yang menjadi budaya dan
sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Tujuannya meningkatkan efisiensi proses
bisnis dan memuaskan keiginan pelanggan, sehingga meningkatkan nilai
perusahaan.
u Six sigma sebagai sistem pengukuran : Six sigma sesuai dengan
arti sigma, yaitu distribusi atau penyebaran (variasi) dari rata-rata (mean)
suatu proses atau prosedur. Six sigma diterapkan untuk memperkecil variasi
(sigma).
Six sigma sebagai sistem pengukuran
menggunakan Defect per Million Oppurtunities (DPMO) sebagai satuan pengukuran.
DPMO merupakan ukuran yang baik bagi kualitas produk ataupun proses, sebab
berkorelasi langsung dengan cacat, biaya dan waktu yang terbuang. Dengan
menggunakan tabel konversi ppm dan sigma pada lampiran, akan dapat diketahui
tingkat sigma.
8. Quality Control Charts and the Seven Run Rule
Sebuah grafik kontrol adalah tampilan grafik
data yang menggambarkan hasil dari sebuah proses dari waktu ke waktu.
Penggunaan utama dari diagram kontrol adalah untuk mencegah cacat, bukan untuk
mendeteksi atau menolak mereka. Diagram kontrol kualitas memungkinkan Anda
untuk menentukan apakah proses berada dalam kontrol atau di luar kendali. Ketika
sebuah proses yang memegang kendali, setiap variasi dalam hasil proses
diciptakan oleh peristiwa acak, proses yang ada dalam kontrol tidak perlu
disesuaikan.
Ketika sebuah proses berada di luar kendali,
variasi dalam hasil proses disebabkan oleh kejadian non-acak, Anda harus
mengidentifikasi penyebab peristiwa-peristiwa non-acak dan menyesuaikan proses
untuk memperbaiki atau menghilangkan mereka.
Seven Run Rules menyatakan bahwa jika tujuh
titik data berturut-turut semuanya berada di bawah rata-rata, di atas
rata-rata, atau semua meningkat atau menurun, maka proses harus diperiksa untuk
masalah non-acak.
9. Modern Quality Management dan Quality Experts
· Membutuhkan kepuasan pelanggan.
· Lebih suka pencegahan untuk inspeksi.
· Mengenali tanggung jawab manajemen untuk
kualitas.
Ahli kualitas perlu diperhatikan termasuk
Deming, Juran, Crosby, Ishikawa, Taguchi, dan Feigenbaum. Quality Expert.
Deming terkenal untuk karyanya dalam membangun kembali Jepang dan 14 nya Poin
untuk Manajemen. Juran menulis Quality Control Handbook dan sepuluh
langkah untuk peningkatan kualitas. Crosby menulis Quality is Free dan
menyarankan bahwa organisasi berusaha untuk nol cacat. Ishikawa mengembangkan
konsep lingkaran kualitas dan diagram tulang ikan. Taguchi mengembangkan metode
untuk mengoptimalkan proses eksperimentasi rekayasa.
Feigenbaum mengembangkan konsep kontrol
kualitas total.
10. Malcolm Balridge Award
and ISO 9000
Malcolm Baldrige Award (MBNQA) adalah sejenis penghargaan tahunan yang
diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat (melalui Department of Commerce)
kepada setiap organisasi di negara USA – baik profit dan non profit – yang
dianggap mencapai kinerja yang unggul. Nama Malcolm Baldrige sendiri diambil
dari nama mantan Menteri Perdagangan AS yang menginisiasi kegiatan penghargaan
ini. Banyak negara di berbagai belahan dunia yang mengadopsi pendekatan dan
kriteria yang digunakan oleh Komite Malcolm Baldrige untuk mengukur keunggulan
kinerja.
ISO 9000 adalah kumpulan standar internasional
untuk sistem manajemen kualitas. ISO 9000 diawasi oleh ISO, yaitu sebuah
organisasi internasional di bidang standarisasi, dan dikelola oleh badan-badan
akreditasi dan sertifikasi. Standar ISO 9000 bukanlah suatu standar yang
berkaitan dengan hal-hal teknis perusahaan dan juga tidak bersifat khusus terhadap
suatu produk, industry / teknologi tertentu, akan tetapi lebih berdasrkan pada
kemampuan dari suatu system menejemen mutu perusahaan.
11. Improving Information
Technology Project Quality
Beberapa saran untuk meningkatkan kualitas
proyek TI meliputi:
· Membangun kepemimpinan yang mempromosikan
kualitas.
· Memahami biaya kualitas.
· Fokus pada pengaruh organisasi dan
faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas kerja.
· ikuti model kedewasaan.
12. Biaya Kualitas
Biaya Kualitas
Biaya kualitas adalah biaya yang muncul karena
adanya aktivitas kualitas yang muncul karena rendahnya kualaitas produk yang
dihasilkan oleh perusahaan atau kemungkinan adanya kualitas produk yang rendah.
Aktivtas kualitas yang dilakukan perusahaan diklasifikasikan menjadi 2 jenis
yaitu:
1. Aktivitas pengendalian yang merupakan
aktivitas untuk mencegah atau mendeteksi terjadinya produk yang kurang baik
2. Aktivitas karena kegagalan yang merupakan
aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk merespon adanya produk yang
kualitasnya rendah.
Biaya kualitas terdiri dari 4 jenis biaya
yaitu:
1. Prevention cost atau biaya pencegahan
adalah biaya yang terjadi dalam upaya mencegah adanya produk dengan kualits
tidak baik.
2. Apprisial cost atau biaya pengukuran adalah
biaya yang terjadi untuk menentukan suatau produk memenuhi karakteristik yang
ditetapkan atau sesuai dengan permintaan konsumen.
3. Internal failure cost atau biaya kegagalan
internal adalah biaya atau kerugian ang terjadi karena produk tidak memenuhi
spesifikasi yang telah ditetapkan dan produk belum sampai konsumen
4. External failure cost atau biaya kegagalan
eksternal adalah biaya atau kerugian yang terjadi karena produk tidak memenuhi
spesifikasi yang telah ditetapkan dan produk sudah sampai konsumen.
Pengukuran Biaya Kualitas
Biaya kualitas dapat diklasifikasikan menjadi
2 jenis biaya yaitu:
• Observable quality cost yaitu bioaya kualita
yang dapat diketahui jumlahnya dari catatan yang terdapat dalam system
akuntansi yang digunakan perusahaan
• Hidden quality cost adalah merupakan biaya
atau krugian yang muncul karena rendahnya kualitas tetapi jumlah biaya ini
tidak dapat diketahui dari catatan akuntansi perusahaan.
Jumlah biaya kualitas merupakan penjumlahan
baik Observable quality cost maupun Hidden quality cost. Untuk menentukan
jumlah hidden quality cost diperlukan estimasi. Estimasi dapat dilakukan dengan
cara berikut:
• Multiplier method,penentuan hidden quality
cost dengan cara yang sangat sederhana yaitu dengan mengamsumsikan bahwa total
biaya kegagalan eksternal adalah biaya eksternal yang dapat diukur dikalikan
dengan multiplier tertentu.
• Market Researsh method,penentuan hidden
quality cost dengan melakukan penelitian pasar.
• Taguchi Quality loss Function,penentuan
hidden quality cost dengan mengasumsikan bahwa fungsi biaya kualitas adalah
merupakan fungsi kuadrat.
Pelaporan Biaya Kualitas
Biaya kualitas perlu dilaporkan agar dapat
membantu manajemen dalam meningkatkan perencanaan,pengendalian ,serta
pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kualitas. Terdapat 2 cara pelaporan
biaya kualitas yaitu dengan Quality cost report serta Analisis.
Quality cost report(laporan biaya kualitas)
Lapora ini menyajikan informasi biaya kualits
dengan cara menentukan setiap elemen biaya kualitas dalam%terhadap penjualan.
Untuk menentukan posisi optimum ada 2 pendekatan yang dapat digunakan yaitu
pendekatan yang dapat digunakan yaitu pendekatan konvensional dan pendekatan
kontemporer.
Fungsi Biaya Kualitas.
Terdapat 2 pandangan tentang fungsi biaya
kualitas yaitu pandangan tradisional serta pendanga kontemporer.
• Pendekatan konvensionla, mendasarkan pada
anggaran adanya “trae off” pada biaya kualitas yaitu antara biay pengendalian
dan biaya kegagalan
• Pendekatan Kontemporer, pendekatan
kontemporer tidak mengenal batas toleransi tingkat kerusakan yang masih dapat
diterima(AQL). Pendekatan ini menggunakan tingkat kerusakan 0. Pendekatan
kontemporer tidak menganggap adanya trade off anatara biaya pengendalian dan
kegagalan. Terdapat 3 perbedaan mendasar terhadap biaya kualitas optimal dari
sudut pandang kontemporer dari sudut pandang konvensional. Perbedaan yang
pertama adalah bahwa menurut pandangan kontemporer, biaya pengendalian tidak
akan meningkat tanpa batas pada saatmendekati tingkat kerusakan 0. Perbedaan
yang kedua adalah bahwa biaya pengendalian kualitas akan meningkat tetapi
kemudian menurun pada saat mendekati tingkat kerusakan 0. Perbedaan yang ketiga
adalah biaya kegagalan dapat ditekan sampai mendekati 0.
John F
Woodward , Project Construction Management , Thomas Telford London, 1997
Wearne,
Control of Engineering Project, Thomas Telford , London , 1997
Sistem
dan Teknologi Konstruksi, Ir Herry Vaza . Kepala Bidang Rencana Dan Evaluasi.
http://skripsi-manajemen.blogspot.com/2011/02/faktor-faktor-yang-mempengaruhi.html.
Dan ini adalah video presentasi kami :
Dan ini adalah video presentasi kami :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar